Aneka Info Menarik

10 Gedung Tertinggi di Asia

Gedung Tertinggi di Asia - jika kita mengikuti sejarah dari planet ini manusia selalu bermimpi untuk membangun sebuah megalitik yang megah, mulai dari Piramida Agung Giza yang dibangun oleh firaun, Lighthouse of Alexandria yang dibangun oleh kerajaan Ptolemaic, untuk mendukung bukti upaya pembangunan sesuatu yang menantang pada zaman dulu, arsitektur pun ditemukan di seluruh dunia. Dalam dunia modern di mana ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendominasi di atas segalanya, budaya membangun arsitektur yang humongous pun meledak sejak tahun 90-an. So, ini dia 10 gedung tertinggi di asia.

1. Burj Khalifa | Dubai

Gedung Tertinggi di Asia

Burj Khalifa, yang dikenal sebelum dinobatkan sebagai Burj Dubai, adalah sebuah gedung pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab. Ini adalah struktur gedung buatan manusia tertinggi di dunia dengan tinggi 2722 kaki. Konstruksi bangunan dimulai pada tanggal 21 September 2004, dan bangunan itu secara resmi dibuka pada tanggal 4 Januari 2010 yang lalu. Arsitektur dan rekayasa menara dilakukan oleh Skidmore, Owings dan Merrill Chicago. Bangunan ini terdiri dari 163 lantai ditambah lagi 46 lantai di puncak menara dan 2 lantai parkir di ruang bawah tanah. Lantai tertinggi dalam struktur bangunan mega ini adalah 109 tingkat.  

2. Shanghai Tower | China

Gedung Tertinggi di Asia


Shanghai Tower, yang sedang dibangun di Lujiazui, Pudong, Shanghai, adalah menjadi salah satu gedung pencakar langit tertinggi di China. The Shanghai tower dirancang oleh Marshall Strabala dari perusahaan arsitektur Amerika bernama Gensler. Pekerjaan konstruksi bangunan ini telah dimulai pada bulan November 2008 lalu. Geudung ini mempunyai ketinggian 2.073 kaki dengan total luas lantai 380.000 meter persegi. Gedung yang berlantai 121 tingkat tersebut diperkirakan akan selesai pada tahun ini. Menara ini dapat menampung sebanyak 16.000 orang setiap hari. Hotel dengan 320 kamar terletak di antara lantai 84 dan 110 yang diklaim sebagai hotel tertinggi di dunia pada saat selesai pembangunan nanti. Dan di sebut - sebut gedung ini akan memiliki lift tercepat di dunia dengan kecepatan 59 meter / detik.

3. Abraj Al Bait | Saudi Arabia

Gedung Tertinggi di Asia


Abraj Al-Bait juga dikenal sebagai Clock Tower ( menara jam ) merupakan sebuah kompleks bangunan milik pemerintahan Mekkah, Arab Saudi yang dibangun di bawah kekuasaan Raja Abdul aziz. Bangunan yang tingganya 1,972 kaki ini dibangun setelah pembongkaran Benteng Ajyad. Gedung mega ini terletak hanya beberapa meter dari masjid terbesar di dunia dan situs paling suci Islam yaitu Masjid al-Haram yang merupakan qiblat bagi umat islam seluruh dunia. Bangunan ini juga terdiri dari 120 lantai dan juga memiliki ruang besar yang mampu menampung lebih dari 10.000 orang. Gedung tersebut dirancang dan dikembangkan di bawah Binladin Group.

4. Taipei 101 | Taiwan

Gedung Tertinggi di Asia


Taipei 101, juga dikenal sebagai Taipei World Financial Center, adalah sebuah gedung pencakar langit landmark yang terletak di Distrik Xinyi, Taipei. Desain bangunan ini terinspirasi oleh arsitektur tradisional Cina, dengan bentuk menyerupai pagoda. Gedung ini terdiri 101 lantai di atas tanah dan 5 lantai bawah tanah dengan tingginya mencapai 1.667 meter. Pada bulan Juli 2011 yang lalu, bangunan tersebut diberikan sertifikasi LEED Platinum sebagai bangunan hemat energi tertinggi dan terbesar di dunia. Taipei 101 memiliki fitur Dek Indoor di lantai 89 dan Dek terbuka di lantai 91 nya. Hal ini dirancang untuk menahan angin topan dengan kecepatan hingga 216 km / jam.

Lihat Juga : 10 Selebritis Dengan Mata Paling indah Di Dunia

5. Shanghai World Financial Center | China

Gedung Tertinggi di Asia


Shanghai World Financial Center adalah gedung pencakar langit raksasa yang terletak di distrik Pudong Shanghai, Cina. Bangunan yang tingginya 1,614.2 kaki ini dirancang oleh Kohn Pedersen Fox dan dikembangkan oleh Mori Building Company, bekerja sama dengan Leslie E. Robertson Gedung ini dibangun untuk berbagai keperluan seperti kantor, hotel, ruang konferensi, dek observasi, dan pusat perbelanjaan di lantai dasar

6. International Commerce Centre | Hong Kong

Gedung Tertinggi di Asia


International Commerce Centre juga dikenal sebagai Union Square adalah sebuah gedung pencakar langit komersial yang terletak di West Kowloon, Hong Kong. Tinggi menara komersial ini adalah sekitar 1.588 kaki. Bangunan besar ini terdiri dari 118 lantai, dilengkapi dengan hotel Ritz-Carlton antara lantai 102-118. Gedung ini juga memiliki sebuah observatorium bernama Sky100 di lantai ke-100. OZONE, adalah kolam renang yang dapat anda ditemukan di lantai 118 atas bangunan ini yang merupakan kolam renang tertinggi di dunia. 

7. Petronas Twin Tower | Malaysia

Gedung Tertinggi di Asia


Petronas twin Tower adalah menara kembar tertinggi di dunia yang terletak di Kuala Lumpur, Malaysia. Kompleks menara memiliki ketinggian 1,483 kaki dan dibuka secara resmi oleh Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir bin Mohamad pada 1 Agustus 1999. Gedung ini dirancang oleh arsitek Argentina-Amerika yaitu C├ęsar Pelli, dan memiliki 88 tingkat di setiap tower. Menara ini memiliki decker langit yaitu jembatan ganda yang menghubungkan dua menara pada lantai 41 dan ke-42, yang merupakan jembatan tertinggi  ke 2 di dunia. Tower One sepenuhnya diduduki oleh Petronas dan sejumlah anak perusahaan dan perusahaan asosiasi, sedangkan di Tower Two ditempati oleh berbagai perusahaan multinasional seperti AVEVA, Boeing, IBM, TCS, Bloomberg, HCL, Microsoft dan Reuters.

8. Zifeng Tower | China

Gedung Tertinggi di Asia


Zifeng Tower, juga dikenal sebagai Greenland Center atau Greenland square Zifeng Tower, adalah sebuah gedung pencakar langit super tinggi yang terletak di Nanjing, Cina. Sebelum pelantikan, gedung ini juga dikenal sebagai Nanjing Greenland Financial Center. Pembangunan mega proyek ini dimulai pada tahun 2005 dan dibuka untuk umum pada tahun 2010 lalu dengan ketinggian 1.480 kaki. Zifeng Tower dirancang oleh Adrian Smith di bawah perusahaan arsitektur, Skidmore, Owings dan Merrill

9. Kingkey 100 | China

Gedung Tertinggi di Asia

Kingkey 100 juga dikenal sebagai KK 100 dan Kingkey Finance Center Plaza adalah sebuah pencakar langit di Shenzhen Luohu District, provinsi Guangdong, Cina. Pembangunan gedung pencakar langit ini dimulai pada tahun 2007 dan dibuka untuk umum pada tahun 2011 lalu. Bangunan ini adalah yang tertinggi ke-4 di wilayah Cina. Kompleks pembangunan proyek mega ini memiliki luas 1,449 meter karena mempunyai lantai 100 tingkat. 68 lantai digunakan untuk Kelas A yaitu ruang kantor, 22 lantai untuk hotel bisnis bintang 5 dan empat lantai untuk taman dan beberapa restoran lainnya. Gedung ini memilki Hotel mewah yang disebut The St. Regis yang terletak di lantai ke-75 sampai lantai 98 dari menara utama, juga memiliki lobi sky garden di lantai 94.

10. Guangzhou International Finance Center | China 

Gedung Tertinggi di Asia

Guangzhou International Finance Centre, yang juga dikenal sebagai Guangzhou West Tower, adalah sebuah gedung pencakar langit yang terletak di Zhujiang Avenue West di Distrik Tianhe Guangzhou, Guangdong, Cina. Bangunan yang tingginya 1,439 meter ini dirancang oleh Wilkinson Eyre. Pembangunan proyek gedung pencakar langit ini dimulai pada bulan Desember 2005, dan sepenuhnya dibuka pada tahun 2010. Gedung Ini memiliki 103 lantai di dalamnya yang digunakan sebagai pusat konferensi, hotel dan kantor. Lantai pertama sampai lantai ke-66 digunakan sebagai kantor, lantai 67 dan 68 untuk peralatan mekanik, lantai 69-98 memiliki hotel yang bernama Four Seasons dengan lobi berada di lantai ke-70, dan lantai 99 dan 100 yang digunakan sebagai dek observasi.


Dalam waktu dekat, banyak gedung-gedung tinggi lainnya dapat dilihat di seluruh Asia karena sejumlah besar mega proyek sudah diusulkan dan sedang dalam pembangunan. Salah satunya adalah menara Bangalore di India yang tingginya 1.971 kaki dari tanah dan akan menjadi gedung tertinggi ke 2 di Asia.( Gopagu )

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Gedung Tertinggi di Asia

0 comments:

Post a Comment